Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen termasuk dalam salah satu jurusan yang paling banyak diminati, jurusan yang satu ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomi, sehingga kamu dan siapa pun yang masuk ke dalam jurusan tersebut maka akan keluar dengan gelar Sarjana Ekonomi, jika menempuh  pendidikan dengan tingkat S1. Bagi yang ingin masuk ke dalam jurusan yang satu ini, perlu diketahui bahwa manajemen itu sendiri hadir dengan beberapa pilihan kategori berbeda, diantaranya adalah :

  • Manajemen SDM
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Strategik

Selain pembagian berdasarkan kategori di bagian atas tadi, kamu yang memilih jurusan ini juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Ingin tau apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Peluang kerja lebih luas

peluang kerja
peluang kerja
Sumber: wp.com

Manajemen dikenal sebagai salah satu jurusan dengan peluang kerja yang cukup luas, hal ini berkaitan dengan kehadiran dari setiap organisasi yang tentunya membutuhkan manajemen, baik itu manajemen SDM, operasi, keuangan, pemasaran, hingga jenis manajemen strategi sekali pun. Bukan hanya perusahaan besar saja yang membutuhkan manajemen, karena organisasi dalam ukuran kecil pun juga turut membutuhkannya. Pasalnya dengan ilmu manajemen, maka setiap organisasi atau perusahaan itu pun dapat dikelola dengan lebih baik.

 

baca juga: 5 Tips Sukses Belajas UAS

2. Materi belajar yang mudah untuk didapatkan

materi mudah didapat
materi mudah didapat
Sumber: yalantis.com

Maksud dari kata mudah di bagian atas tadi adalah kehadiran dari sumber informasi akan ilmu manajemen yang tentunya tersebar dengan cukup luas, seperti halnya dari buku, internet, hingga beragam bentuk media lainnya. Lebih dari itu, banyaknya orang yang meminati ilmu yang satu ini juga menjadikan sumber informasi yang lebih mudah untuk bisa kamu dapatkan.

 

3. Lebih fleksibel

fleksibel
fleksibel
Sumber: wp.com

Ketika lulus dari jurusan yang satu ini, maka kamu pun bisa masuk ke mana saja, hal ini berkaitan dengan pengaplikasian dari ilmu manajemen itu sendiri yang dapat diterapkan di mana pun. Sedangkan permasalahan yang paling utamanya itu sendiri adalah bagaimana cara pengaplikasian ilmu manajemen yang didapatkan di tempat kuliah kemudian diterapkan atau dipraktekkan dalam dunia kerja, sehingga apa yang dilakukan pun dapat menghasilkan pekerjaan dengan lebih optimal atau maksimal dan lebih sesuai dengan fungsinya.  

 

baca juga: Lakukan 5 Hal Penting Ini Di Awal Tahun Kuliah

4. Mudah untuk beradaptasi

mudah beradaptasi
mudah beradaptasi
Sumber: finansialku.com

Manajemen dikenal sebagai salah satu cabang ilmu dari IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial. Namun bagi yang mengenyam bangku pendidikan SMA dengan jurusan IPA, atau bahkan SMK serta STM, kini kamu tidak perlu merasa khawatir kembali, pasalnya ketika memilih jurusan manajemen kamu bisa melakukan proses adaptasi dengan lebih mudah. Pada proses adaptasi untuk jurusan ini sendiri  terbilang singkat, bahkan pada awal masa perkuliahan, kamu juga akan diperkenalkan dengan beragam dasar-dasar dari ilmu manajemen sebelum masuk pada bagian spesial atau khusus yang dimilikinya.

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi jurusan ini juga dikenal dengan beberapa kekurangan yang dimilikinya ingin tau apa saja? diantaranya :

1. Pasaran

Selain dikenal dengan peminatnya yang cukup banyak, maka tidak perlu heran apabila lulusan dari jurusan yang satu ini pun cukup banyak pula, bahkan karena banyaknya lulusan manajemen, banyak yang menyatakan bahwa lulusan ini tidak memiliki keunggulan yang lebih spesifik untuk ditunjukkan diantara pesaing-pesaing lainnya.

2. Tidak cocok untuk karyawan

Lowongan kerja untuk lulusan manajemen memang tidak pernah sepi. Namun, jika merujuk pada ilmu yang dimilikinya itu sendiri jurusan yang satu ini lebih cocok atau ditujukan untuk menciptakan sosok pengelola bukan dikelola, sehingga jurusan ini lebih cocok untuk mereka yang ingin menjadi wirausahawan atau bahkan investor.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari kelebihan serta kekurangan jurusan manajemen yang bisa kamu perhatikan dan pahami sebelum memilihnya.

Leave a Comment