Home Soshum Mengenal Jurusan Sastra Korea

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan favorit yang diminati mahasiswa. Sebagai penggemar Korea, tentu ada keinginan besar untuk mempelajari Sastra Korea ini.

Jika kamu berencana masuk ke Jurusan Sastra Korea ketika kuliah nanti, kamu dapat memperdalam pemahamanmu di artikel ini. Yuk, simak sampai selesai ya!

Apa itu Jurusan Sastra Korea?

Jurusan Sastra Korea
Sumber: thepienews.com

Kuliah di Jurusan Sastra Korea masuk ke dalam Fakultas Ilmu Budaya rumpun sastra. Di sini nanti, tentu kamu akan mempelajari bahasa Korea. Namun tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari mengenai kebudayaan Korea, membaca, mendengarkan, menulis, serta dialek Korea.

Bahasa Korea yang sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu ini dibahas tidak hanya sekedar bahasa saja. Tapi juga meliputi fonetik, fonologi, serta linguistik. Kesusastraan Korea juga akan kamu pelajari di Jurusan Sastra Korea ini, yang mana menjadi pengantar pada budaya modern Korea saat ini.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Sastra Korea?

Kuliah di Jurusan Sastra Korea
Sumber: khu.ac.kr

Di Jurusan Sastra Korea, kamu akan dibekali dengan berbagai ilmu tentang Korea. Mulai dari bahasa Korea, kebudayaan Korea, bahkan kamu pun akan mempelajari sejarah Korea. Tentu sangat menarik dan tidak membosankan, bukan?

Tata Bahasa Korea, Hanja, percakapan Bahasa Korea, menulis dalam huruf Korea, menjadi mata kuliah harian yang akan kamu terima. Bahkan, kamu juga dapat belajar wisata Korea melalui mata kuliah Tourism Korea. Tidak hanya sebatas kebudayaan saja, kamu pun akan mempelajari komunikasi bisnis di Korea melalui mata kuliah Bahasa Korea Bisnis dan Korespondensi dalam Bahasa Korea.

Mata Kuliah di Jurusan Sastra Korea

Mata Kuliah Sastra Korea
Sumber: ayobandung.com

Di Jurusan Sastra Korea nanti, kamu akan mendapatkan berbagai mata kuliah tentang Korea. Seperti Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea, Sejarah Kesusastraan Korea, Sejarah Korea Modern, Bahasa Korea, Masyarakat dan Kebudayaan Korea, Pengkajian Puisi dan Prosa Korea, Terjemahan bahasa Korea – Indonesia dan sebaliknya, Bahasa Korea Bisnis, Kepercayaan Masyarakat Korea, hingga Morfosintaksis Bahasa Korea.

Baca juga: Mengenal Jurusan Sastra Perancis

Namun, meskipun sudah berada di Jurusan Sastra Korea, kamu juga tetap akan menerima mata kuliah Bahasa Indonesia. Termasuk juga mata kuliah mengenai Manusia dan Masyarakat Indonesia.

Semua ini biasanya dapat diselesaikan oleh mahasiswa Sastra Korea dalam waktu kurang lebih 4 tahun. Yang mana harus diselesaikan dalam 8 semester.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Korea

Prospek Keja Sastra Korea
Sumber: businesskorea.co.kr

Hubungan antara Indonesia dengan Korea sangat baik. Hal ini membuka peluang besar prospek kerja lulusan Jurusan Sastra Korea. Kamu dapat bekerja di media hingga perusahaan multinasional, tentunya yang berasal dari Korea.

Profesi yang dapat kamu pilih pun beragam, diantaranya penulis teknis, penerjemah, jurnalis, content creator, pemandu perjalanan, public relation, novelis, content srategist, hingga penulis perjalanan. Kamu telat memiliki dasar pengetahuan komunikasi bisnis Korea ketika kuliah. Yang mana menjadi peluang besar untuk kamu.

Tentunya, kamu pun memiliki kesempatan untuk menjadi tenaga pendidik. Dan jika ingin berwirausaha, kamu dapat membuka kursus bahasa Korea yang kini banyak peminatnya.

Universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Sastra Korea

Sastra Korea UNDIP
Sumber: undip.ac.id

Di Indonesia sendiri, Jurusan Sastra Korea baru ada di beberapa universitas. Diantaranya UGM, UI, UNAIR, UNDIP, UNSOED, UNS, Universitas Andalas, Universitas Halu Uleo, Universitas Mulawarman, UNPAD, Universitas Negeri Makassar, serta Universitas Negeri Gorontalo.

Baca juga: Mengenal Jurusan Pariwisata

Jadi, siap bergabung di Jurusan Sastra Korea?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...