Home Soshum Mengenal Jurusan Sosiologi

Mengenal Jurusan Sosiologi

Mempelajari tentang kehidupan sosial memang menyenangkan. Budaya di sekitar kita juga beragam dan sangat menarik untuk dipelajari. Inilah yang mendorong calon mahasiswa tertarik untuk mendalami ilmu sosial di Jurusan Sosiologi.

Jika kamu salah satu dari calon mahasiswa yang tertarik dengan Jurusan Sosiologi, artikel ini tepat menuntunmu untuk lebih mantap memilih Jurusan Sosiologi. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Jurusan Sosiologi?

Jurusan Sosiologi
Sumber: xula.edu

Sebelum memilih Jurusan Sosiologi, kamu perlu memahami apa itu ilmu sosiologi. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena – fenomena yang terjadi di masyarakat. Di jurusan ini nanti, kamu juga akan membahas mengenai “apa itu masyarakat?”. Yang mencakup struktur serta karakter masyarakat, problematika masyarakat, fenomena sosial, serta gerakan masyarakat.

Selain itu, di Jurusan Sosiologi nanti kamu juga akan mempelajari metode survei sosial, yang termasuk kuesioner dan statistik, serta metode analisis hasil survei. Dan tentunya, Jurusan Sosiologi ini masuk ke dalam rumpun soshum.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Sosiologi?

Kuliah di Jurusan Sosiologi
Sumber: uwindsor.ca

Untuk menyelesaikan perkuliah di Jurusan Sosiologi, rata – rata mahasiswa membutuhkan waktu kurang lebih 4 tahun atau 8 semester. Selama masa perkuliahan ini, kamu akan mempelajari berbagai macam sistem sosial, problem sosial, institusi sosial, hingga proses dinamika sosial, dan lainnya. Ruang lingkup sosiologi juga sangat luas, yang mana melingkupi keluarga, fungsi sosial keluarga, relasi dan interaksi sosial antar keluarga, serta berbagai masalah dalam keluarga.

Baca juga: Mengenal Jurusan Pariwisata

Selama masa perkuliahan, kamu tidak hanya akan belajar mengenai materi, tapi juga praktik lapangan. Dimana nantinya kamu harus terjun di tengah – tengah masyarakat untuk observasi dan menganalisis berbagai fenomena sosial. Baik secara objektif serta komprehensif. Karena praktik lapangan ini, nantinya kamu akan terbiasa dengan advokasi sosial.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Sosiologi

Mata Kuliah di Jurusan Sosiologi
Sumber: leverageedu.com

Mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sosiologi nantinya diantaranya Sosiologi Keluarga, Sosiologi Industri, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Organisasi, Sosiologi Gender, Sosiologi Perkotaan, Pranata Sosial, Masalah Sosial, Analisa Sosial, Stratifikasi Sosial, Perilaku Menyimpang, Kesejahteraan Sosial, Masalah Kemiskinan dan Kesenjangan, serta mata kuliah lainnya.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari mengenai antropologi, ilmu politik, statistik, serta berbagai analisis data kuantitatif dan kualitatif. Praktik juga termasuk dalam mata kuliah di Jurusan Sosiologi, yang mana biasanya akan dilakukan di akhir semester.

Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

CSR
Sumber: smallbusiness.co.uk

Prospek kerja bagi lulusan Jurusan Sosiologi sangat bervariatif. Kamu dapat menjadi tenaga pendidik di dunia pendidikan. Kamu pun dapat bekerja di perusahaan, karena perusahaan membutuhkan orang yang terampil dengan kehidupa sosial di divisi corporate social responsibility.

Berbagai provesi juga dapat kamu jalani, diantaranya jurnalis, aktivis, even organizer, market researcher, pemandu wisata, administrasi, layanan sosial, organisasi non pemerintah, serta menjadi pegawai negeri pun merupakan peluang bagi lulusan Jurusan Sosiologi.

Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Sosiologi

Sosiologi UI
Sumber: twitter.com

Di Indonesia sendiri, Jurusan Sosiologi sudah tersedia di beberapa universitas, baik negeri maupun swasta. Diantaranya Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sumatera Utara, serta Universitas Padjadjaran.

Baca juga: Mengenal Jurusan Komunikasi

Setelah membaca artikel ini, tentu kamu semakin yakin menentukan pilihan untuk masuk di Jurusan Sosiologi, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...