Home Soshum Mengenal Jurusan Administrasi Fiskal

Mengenal Jurusan Administrasi Fiskal

Perkuliahan di jurusan administrasi ada berbagai macam. Administrasi negara, administrasi bisnis, administrasi pemerintahan, administrasi fiskal, dan lainnya. Di artikel kali ini, akan dikupas tuntas mengenai Jurusan Administrasi Fiskal.

Untuk kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah, mungkin Jurusan Administrasi Fiskal cocok untukmu. Namun sebelumnya, kamu dapat membaca artikel ini sebelum menjatuhkan pilihan pada Jurusan Adminsitrasi Fiskal.

Apa itu Jurusan Administrasi Fiskal

Adminstrasi Fiskal
Sumber: money-watch.com

Jika mendengar kata administrasi fiskal mungkin masih asing untukmu, tapi jika perpajakan, tentu sudah tidak asing, bukan? Jurusan Administrasi Fiskal sejatinya merupakan Jurusan Perpajakan. Bedanya, di tingkat S1 jurusan ini bernama Administrasi Fiskal, sementara di tingkat D3 bernama Perpajakan.

Jurusan Administrasi Fiskal mempelajari mengenai perpajakan dari segala macam perspektif. Mulai dari sisi akuntansi, ekonomi, hingga sisi hukum. Di Jurusan Administrasi Fiskal, kamu akan diajarkan mengenai keterampilan menyusun laporan pajak sesuai dengan aturan dan ketentuan perpajakan. Selain itu, kamu pun harus dapat menyelesaikan masalah administrasi yang berhubungan dengan perpajakan, dapat membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku.

Mata Kuliah di Jurusan Administrasi Fiskal

Mata Kuliah Administrasi Fiskal
Sumber: megaepc.com

Di Jurusan Administrasi Fiskal nanti, kamu akan banyak belajar mengenai perpajakan, akuntansi, ekonomi, serta hukum. Mata kuliah yang akan kamu pelajari diantaranya Pengantar Pajak, Pengantar Ilmu Hukum, Pajak Penghasilan I dan II, Akuntansi Keuangan, Administrasi Keuangan Negara, Akuntansi Perpajakan, Pemeriksaan Pajak, Kepabeanan Ekspor dan Impor, Hukum Bisnis, serta Akuntansi Sektor Publik.

Baca juga: Mengenal Jurusan Administrasi Publik

Selain itu, ada juga mata kuliah Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Peradilan Pajak, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, PPN dan PPN BM, Pemeriksaan Pajak, Penilaian Properti, Praktikum Pemotongan dan Pemungutan PPH, serta Perpajakan Internasional.

Karakter yang Cocok dengan Jurusan Administrasi Fiskal

Karakter Jurusan Administrasi Fiskal
Sumber: kirkwood.edu

Karena di Jurusan Administrasi Fiskal penuh dengan hitung – hitungan, tentu karakter yang cocok adalah kamu yang menyukai pelajaran hitung – hitungan. Ketelitian, fokus pada detail, serta tekun juga termasuk karakter yang cocok di jurusan ini. Untuk kamu yang tidak suka bekerja secara kelompok, Jurusan Administrasi Fiskal juga sesuai. Karena di sini mengutamakan kerja sendiri, tidak secara kelompok. Yang terpenting tugas yang kamu kerjakan benar dan teliti.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Prospek Kerja Administrasi Fiskal
Sumber: ekonomi.kompas.com

Meskipun kalah populer dari Jurusan Perpajakan, namun prospek kerja untuk lulusan Jurusan Administrasi Fiskal sangat luas. Kamu dapat bekerja sebagai pegawai pajak melalui ikatan dinas maupun tidak. Kamu pun berkesempatan besar untuk bekerja sebagai staf di Kementerian Keuangan, pegawai bea cukai, Dinas Keuangan Daerah, Perusahaan BUMN, Perusahaan Swasta, serta tenaga pendidik. Selain itu, kamu pun dapat berkarir di institusi POLRI. Karena, saat ini di institusi kepolisian pun membutuhkan lulusan Jurusan Administrasi Fiskal.

Universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Administrasi Fiskal

Adminitrasi Fiskal UI
Sumber: youtube.com

Di Indonesia, beberapa universitas telah menyediakan Jurusan Administrasi Fiskal, diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Udayana, serta Politeknik Keuangan Negara.

Bagaimana, tertarik dengan jurusan ini? Jika kamu yakin dan cocok dengan Jurusan Administrasi Fiskal, kamu dapat memilih jurusan ini sebagai tujuan pendidikanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...