Home Soshum 5 Sekolah Fashion Design Terbaik di Indonesia

5 Sekolah Fashion Design Terbaik di Indonesia

Tren fashion dari masa ke masa itu emang gak ada abisnya. Contohnya saja dari awal abad ke-20 sampai sekarang ini udah banyak banget tren fashion yang diciptakan oleh para desainer ternama di dunia. Mulai dari celana, rok, blus, gaun, jaket, dan jenis pakaian lainnya selalu mengalami perkembangan. Setiap masa memiliki tren fashion yang berbeda, misalnya pada era 1950-an, khususnya para perempuan saat itu banyak yang menggunakan warna-warna cerah dan gaun dengan motif bunga-bunga. Lalu, pada tahun 1990-an gaya berpakaian dengan celana cutbray dan baju flannel sangat menjadi tren fashion masa itu.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ketertarikan seseorang akan dunia fashion selalu menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka. Terlebih lagi bagi mereka yang sangat tertarik untuk menjadi seorang desainer. Sekarang ini sudah banyak sekolah khusus fashion.

Sebagai salah satu negara yang banyak melahirkan desainer terkenal, di Indonesia kini sudah banyak dibuka sekolah fashion designer. Di bawah ini ada daftar nama-nama sekolah fashion designer terbaik yang ada di Indonesia.

ESMOD Jakarta

esmod
Sumber: glints.com

ESMOD merupakan sekolah fashion pertama dan tertua di dunia tepatnya di Paris, Prancis. Kemudian, ESMOD membuka cabangnya di Jakarta pada tahun 1996. Hal ini menjadikan ESMOD Jakarta menjadi sekolah fashion designer pertama di Indonesia. Sekolah ini berlokasi di wilayah Cipete, Jakarta Selatan. Lalu, ada tiga program yang ditawarkan di sekolah ini, di antaranya ada Fashion Design and Creations, International Fashion Business, dan Fashion Design and Pattern Drafting. Tidak hanya itu, ESMOD Jakarta juga membuka kelas kursus singkat. Program kursus yang dibuka antara lain ada kursus menjahit, kebaya, desain, dan couture.

LaSalle College International Jakarta

LaSalle
Sumber: flickr.com

LaSalle College International adalah perguruan tinggi fashion design di Indonesia bertaraf internasional. Lasalle College merupakan bagian dari LCI Education yang berada di Kanada. LCI Jakarta membuka dua progam pendidikan yaitu, Program Diploma dan Program Internasional Bersertifikat. Lalu, ada lima jurusan yang ditawarkan di sini, yaitu Digital Media Design, Interior Design, Artistic Make-up, Fashion Design, dan Fashion Business. Selain di Jakarta, LaSalle College International juga membuka cabang di daerah Surabaya.

Baca juga: Mengenal Jurusan Seni Musik

3. Bunka School of Fashion

Bunka School
Sumber: schoolstyleu

Bunka School of Fashion adalah sekolah fashion yang didirikan di Tokyo pada tahun 1919. Sekarang ini, Bunka School of Fashion, sudah banyak membuka cabang sekolahnya di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia sekolah ini berlokasi di daerah Gambir, Jakarta Pusat. Di sekolah ini terdapat empat departemen yang dapat dipilih di antaranya ada Fashion Creation Department, Fashion Technology Departement, Fashion Marketing and Distribution Department, dan Fashion Accessories and Textiles Department.

Raffles Institute of Higher Education

Raffles
Sumber: suneducationgroup.com

Raffles Institute of Higher Education (RIHE) adalah perguruan tinggi swasta yang bergerak di bidang fashion dan bisnis kreatif. RIHE ini merupakan sebuah institusi yang dikembangkan dan pertama kali didirikan di Singapura. Di Indonesia, RIHE membuka cabang di tiga kota, yaitu Jakarta, Medan, dan Surabaya. Institusi ini memiliki dua program studi, yaitu Desain dan Manajemen. Dari kedua program studi tersebut, RIHE menawarkan cukup banyak jurusan, di antaranya ada Fashion Design, Fashion Marketing and Management, Digital Media Design, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Mengenal Jurusan Pariwisata

Lembaga Pengajaran Tata Busana (Susan Budihardjo)

LPTB Susan Budihardjo
Sumber: hariansemarangbanget

LPTB ini telah didirikan sejak 1980.  Sekolah ini sudah banyak melahirkan para desainer ternama Indonesia, seperti Sebastian Gunawan, Chenny Han, dan Denny Wirawan. Sama halnya dengan beberapa sekolah fashion lainnya, LPTB memiliki tiga cabang, yaitu ada di Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Sekolah ini menawarkan cukup banyak kelas, di antaranya ada Fashion Design Class, Fashion History Class, Fashion Research, dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

5 Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Berinteraksi dengan masyarakat luas memang suatu hal yang menyenangkan. Saling berbaur dengan masyarakat luas dapat menambah wawasan bagi seseorang. Berbicara mengenai interaksi dengan masyarakat,...

Mengenal Jurusan Sastra Korea

Sejak demam Korea masuk ke Indonesia, Jurusan Sastra Korea pun ikut terkena imbasnya. Pasalnya, jurusan ini semakin meningkat peminatnya, bahkan berada di jajaran jurusan...

5 Jurusan Peternakan Terbaik di Indonesia

Selain kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan faunanya. Sebagai negara yang berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki ragam jenis hewan...

5 Jurusan Pertanian Terbaik di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan alamnya. Terutama persawahan di Indonesia terbentang luas di berbagai daerah. Berbagai macam jenis tanaman mulai dari sayur-mayur, buah-buahan,...